Pendidikan pada dasarnya merupakan proses belajar dan dalam proses belajar itu ada tempatnya baik sekolah maupun lembaga pelatihan. Pendidikan sangatlah penting, karena menjadi modal dan pedoman untuk kehidupan seseorang setelah Agama dan keimanan.

Berbicara pendidikan khususnya pendidikan yang ada di Indonesia, masih banyak segelintir orang yang memiliki anggapan bahwasannya pendidikan itu tidak terlalu penting sampai ke perguruan tinggi. Untuk kelompok kaum urban, pendidikan tinggi sangat penting bahkan wajib untuk dikejar, karena mereka menganggap pendidikan tinggi ini menjadi salah satu syarat wajib untuk memiliki pekerjaan dan karir yang bagus.

Terlepas dari itu, yang paling penting dari pendidikan tinggi yang didapatkan oleh seseorang adalah terbentuknya pola pikir seseorang dalam menyikapi suatu hal atau dalam memecahkan suatu masalah yang ada disekitarnya.

Selain pola pikir, aset lainnya yang akan didapatkan oleh seseorang khususnya kaum Wanita dari pendidikan tinggi adalah nilai-nilai dalam mengajarkan anak-anaknya dilingkungan keluarganya, akan sangat berbanding terbalik ketika Wanita dengan latar belakang pendidikan tinggi yang dimilikinya dengan Wanita yang hanya berlatar belakang pendidikan rendah atau bahkan sama sekali tidak memiliki latar belakang pendidikan. Oleh karena itu pemerintah Indonesia melalui Kementrian Pendidikan, sangat gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk memiliki pendidikan dengan banyakj program salah satunya beasiswa maupun kejar pendidikan paket C.

Sesuai yang telah disampaikan olah Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara motto  “Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani”, yang memiliki arti seseorang yang baik adalah selain menjadi suri tauladan atau panutan, tetapi juga harus mampu menggugah semangat dan memberikan dorongan moral dari belakang agar orang – orang disekitarnya dapat merasa situasi yang baik dan bersahabat . Sehingga kita dapat menjadi manusia yang bermanfaat di masyarakat.